Terimakasih atas kunjungan anda

Manfaat kopi bagi kesehatan kulit dan wajah

Posted by jepara kopi 0 komentar

A. Manfaat Kopi untuk Wajah dan Kulit
Kopi merupakan biji – bijian yang mengandung kafein yang dapat dimanfaatkan untuk dunia kesehatan bahkan kecantikan. Kandungan kafein dalam kopi tidak hanya bermanfaat untuk menetralisir rasa kantuk. Di dalam dunia kecantikan, kafein tersebut berfungsi sebagai vasorestrictor yang akan mengencangkan dan mengecilkan pembuluh darah. Hal ini menyebabkan kulit akan terasa lebih lembut serta sangat efektif dalam membantu mengurangi seluit pada kulit. Kopi dapat dijadikan bahan dasar untuk pembuatan produk kecantikan karena kandungan asam organik, mineral, potasium, magnesium, dan zat besi didalamnya.
Perlu anda ingat, jangan konsumsi makanan berbahan kopi, karena merupakan salah satu makanan yang menyebabkan jerawat, hanya gunakan untuk bagian luar atau scrub alami. Berikut beberapa manfaat kopi untuk wajah Berjerawat:
  • Menangkal Radikal Bebas
Kopi mengandung dua zat anti  oksidan yaitu flavonoid dan polifenol yang dapat mencegah radikal bebas. Kulit wajah yang terpapar radikal bebas akan mengalami penuaan dini. Untuk itu penggunaan kopi yang mengandung anti oksidan dapat mencegah kulit menjadi keriput sebelum waktunya (penuaan dini) dengan menjaga asupan antioksidan didalam tubuh.
  • Meminimalkan Resiko Kanker Kulit
Kanker kulit dipengaruhi oleh dua faktor yakni internal dan eksternal. Faktor internal dapat bersumber dari apa yang dikonsumsi. Faktanya, dengan mengkonsumsi kopi dapat menekan resiko terkena kanker kulit pada pria dan wanita. Sedangkan faktor eksternal dapat bersumber dari aktivitas di luar lingkungan yang membuat paparan sinar matahari mengenai kulit secara langsung dalam periode waktu yang lama.
  • Menyegarkan Kulit Wajah
Campuran bubuk kopi yang telah dibuat menjadi cream dapat dibekukan dengan didalam freezer supaya membeku. Lalu usapkan perlahan seperti memakai cream atau lotion. Aroma bubuk kopi yang khas juga dapat membuat pikiran menjadi rileks. Pikiran yang rileks dan tenang ini juga akan terpancar pada wajah yang terlihat lebih segar.
  • Menghilangkan Selulit
Selulit pada kulit tentu dapat mengganggu penampilan anda. Untuk mengurangi bahkan menyemarkan selulit. Ampas kopi yang biasanya hanya dijadikan limbah justru disini dapat dimanfaatkan untuk menunjang penampilan anda. Caranya campurkan ampas kopi dengan minyak zaitun lalu aplikasikan pada kulit. Untuk hasil yang optimal sebaiknya bungkus atau menggunakan plastik supaya campuran ampas kopi dengan minyak zaitun dapat meresap dengan baik. Lalu diamkan selama 5 – 10 menit dan bersihkan menggunakan air dingin.
  • Menghilangkan Flek Hitam
Kombinasikan  bubuk kopi dengan baby oil dengan takaran yang tidak berlebihan. Aplikasikan pada kulit yang mempunyai flek hitam selama 5 menit. Lakukan terapi ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  • Menghilangkan Noda atau Bekas Jerawat
Campurkan bubuk kopi yang masih mempunyai butiran kecil lalu aplikasikan pada kulit wajah. Lakukan pijatan dengan gerakan memutar lalu biarkan hingga mengering. Setelah dibersihkan, usapkan balok es untuk menyegarkan kulit wajah selama beberapa menit.
  • Peeling atau Pengelupas Sel Kulit Mati dan Mengencangkan kulit
Sel kulit mati yang menumpuk jikak tidak segera dibersihkan atau terangkat juga akan menimbulkan permasalahan kulit seperti jerawat dan wajah kusam. Gunakan ampas kopi yang dikombinasikan dengan putih telur untuk mendapatkan  kulit yang kencang serta membantu proses peeling atau pengelupasan sel kulit mati.
  • Mencerahkan Tona Warna Kulit
Campuran yang berfungsi sebagai pemutih disini yakni susu murni. Susu murni mengandung moisturizer tinggi yang mampu mencerahkan tona warna kulit. Kandungan lain seperti asam laktat juga dapat menjadikan kulit terasa lebih lembut. Campurkan ampas kopi dengan susu murni dan aplikasikan sebagai masker wajah.
B. Kandungan pada Biji Kopi
Kopi tidak hanya tumbuhan biji – bijian yang diolah menjadi minuman belaka. Akan tetapi berbagai kandungan yang terdapat pada kopi mempunyai beragam manfaat untuk tubuh manusia. Berikut kandungan pada biji kopi :
  1. Kafein
  2. Trigoneline
  3. Protein dan Asam Amino
  4. Karbohidrat
  5. Asam Alifatik (asam karboksilat)
  6. Asam Klorogenat
  7. Lemak dan turunannya
  8. Glikosida
  9. Mineral
C. Manfaat Kopi untuk Wajah Berjerawat
Salah satu penyebab munculnya jerawat yakni kelenjar minyak yang berlebih sehingga pori – pori kulit tersumbat. Wajah yang berjerawat tidak hanya dapat diatasi dengan kosmetik yang mengandung senyawa kimia.Kulit yang terpapar bahan atau senyawa kimia seperti merkuri memang dapat menghilangkan jerawat secara instan, akan tetapi terdapat marabahaya yang menyebabkan kerusakan jaringan kulit.Kopi bisa digunakan sebagai penghilang jerawat yang alami tanpa resiko terpapar bahan kimia. Beberapa produk kosmetik kelas elit bahkan menggunakan kopi sebagai bahan utama untuk menghilangkan jerawat dalam bentuk cream atau lotion kulit.
D. Manfaat Scrub Kopi untuk Wajah Berjerawat
Kopi dapat membantu menghilangkan dan menyamarkan noda bekas jerawat pada kulit wajah. Sel kulit mati yang tertinggal dan menumpuk pada kulit akan menyumbat pori – pori dan memicu munculnya jerawat. Tersumbatnya pori – pori tersebut yang menyebabkan peradangan pada kulit dan membuat jerawat semakin banyak. Dengan mengaplikasikan scrub pada wajah maka sel kulit mati akan terangkat dan proses revitalisasi kulit terbantu dengan baik. Kulit kering akan mudah mengelupas sehingga nampak bersisik serta kasar. Hal ini dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit wajah. Untuk itu penggunaan scrup kopi yang mengandung anti oksida dapat mencegah permasalahan kulit tersebut.
E. Cara Penggunaan Scrub Kopi
Scrub dapat membantu mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah namun jika penggunaannya tidak sesuai aturan maka scrub tersebut dapat menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kecantikan kulit anda. Berikut cara penggunaannya :
  1. Campurkan bubuk kopi dengan air secukupnya lalu oleskan secara merata pada kulit wajah
  2. Setelah olesan merata, pijat perlahan dengan gerakan memutar dan diamkan dalam 15 menit
  3. Gunakan air dingin untuk membilas wajah lalu keringkan menggunakan handuk
  4. Tepuk perlahan semua area wajah lalu aplikasikan pelembab untuk menjaga kelembaban kulit wajah
 F. Tips penggunaan Scrub Kopi
Pilihlah bubuk kopi yang masih mempunyai butiran – butiran kecil yang bisa digunakan sebagai sccrub. Ketika melakukan pijatan (massage) secara memutar sebaiknya dilakukan secara perlahan agar butiran kopi tidak melukai jaringan kulit. Susu atau madu juga dapat ditambahkan sebagai bahan campuran untuk hasil yang lebih optimal. Hindari pijatan atau aktivitas tekanan jari tangan pada area kulit wajah karena hal ini dapat menimbulkan jerawat pada area lain. Cairan yang keluar dari jerawat tersebut mengandung bakteri yang akan menyebabkan peradangan serupa pada bagian kulit lainnya. perbandingan takaran pasta yang digunakan untuk scrub yakni 3 :1. Dengan ketentuan tiga sendok teh dapat dicampur dengan satu sendoh teh madu ataupun susu murni.
G. Manfaat Masker Kopi untuk Kulit Wajah
Masker kopi bisa diaplikasikan secara tunggal maupun dikombinasikan dengan bahan lain seperti coklat susu murni atau madu. Kombinasi ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit. Masker ini dapat mengangkat sel kulit mati dan membantu mengencangkan kulit yang mengendur. Penggunaan masker kopi pada wajah juga akan membuat kulit wajah nampak bersih karena kandungan anti mikroba yang ada terdapat pada masker kopi. Untuk jenis kulit kering, sebaiknya mengkombinasikan minyak zaitun dengan bubuk kopi guna memperoleh kulit yang lembab.
H. Cara Penggunaan Masker Kopi
Untuk membuat masker kopi diperlukan beberapa bahan tambahan sesuai permasalahan kulit yang dimiliki. Misalkan untuk memutihkan tona warna kulit, sebaiknya menambahkan susu kedalamnya. Kulit akan ternutrisi sehingga warna kulit menjadi lebih cerah. Selain itu, asam laktat yang terdapat pada susu dapat menghaluskan kulit wajah.
Berikut cara penggunaannya:
  1. Campurkan tiga sendok teh bubuk kopi dengan satu sendok teh minyak zaitun atau susu murni
  2. Oleskan campuran tersebut ke wajah secara merata
  3. Pijat dengan gerakan memutar secara perlahan dalam lima menit
  4. Diamkan masker dalam 15 – 20 menit atau hingga mengering
  5. Bersihkan menggunakan air dingin
Masker Lainnya untuk wajah jerawat :
I. Tips Penggunaan Masker Kopi pada Wajah
Masker kopi terdiri dari bubuk kopi yang masih mempunyai butiran – butiran kecil dan berpotensi merusak jaringan kulit jika digosok atau ditekan terlalu keras pada permukaan kulit. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya memperhatikan apa saja hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan selama pemakaian masker kopi.
Hindari zat kimia untuk dijadikan  bahan pelengkap karena mengandung resiko berupa kerusakan kulit bahkan menyebabkan jerawat. Bahan pelengkap lain seperti madu, susu atau minyak zaitun merupakan bahan alami yang dapat dikombinasikan dengan bubuk kopi. menjaga kebersihan kuas atau tangan yang digunakan untuk mengoleskan masker kopi di wajah. Kuas atau tangan yang kotor membawa bakteri yang dapat menempel pada pori – pori kulit.
J. Apa Saja Bahan Campuran Masker Kopi dan Manfaatnya?
ads
Beda bahan yang dicampurkan tentu  akan mempunyai khasiat atau manfaat yang berbeda pula. Bahan alami yang telah disinggung diatas merupakan bahan pelengkap guna mendapatkan multi manfaat dari penggunaan kopi itu sendiri. Kandungan kafein pada kopi merupakan zat yang mudah menyerap kedalam kulit dan dapat dikombinasikan dengan bahan alami lain. Lalu apa saja bahan campuran lain yang dapat dikombinasikan dengan bubuk kopi? berikut akan dipaparkan bahan alami apa saja yang dapat dikombinasikan dengan kopi untuk perawatan kecantikan.
1. Susu
Kandungan yang terdapat didalam susu yakni asam laktat dapat membuat kulit menjadi lebih lembut serta menjaga kelembutan kulit. Nutrisi dan moistuizer didalamnya juga dapat membuat tona kulit menjadi lebih cerah dan bersinar.
2. Madu Alami
Madu alami merupakan bahan campuran yang dapat mencegah alergi atau mematikan bakteri pada wajah. Madu mengandung senyawa seperti vitamin C, katalse, pinocembrin, chrysin yang berfungsi sebagai aktioksidan sehingga dapat melembabkan kulit wajah dalam waktu yang lama. Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan madu
2. Lemon
Air perasan lemon dapat dijadikan sebagai bahan campuran alami dalam penggunaan kopi. Lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga sel kulit mati dapat terangkat. Vitamin C ini dapat membantu proses pembentukan kolagen yang dapat meremajakan kulit.
3. Minyak Zaitun
Bubuk kopi yang dikombinasikan dengan minyak zaitun mampu melembabkan kulit secara optimal. Campurkan minyak zaitun dengan perbandingan 1 : 3 menggunakan bubuk kopi. Baca juga : Cara menghilangkan jerawat dengan minyak zaitun
K. Saran
Dalam artikel ini telah dipaparkan pada kita apa saja manfaat kopi bahkan ampas kopi untuk kecantikan kulit. Bahkan ampas kopi juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar perawatan kulit yang dikombinasikan dengan bahan alami lain seperti susu murni, madu, minyak zaitum dan lemon. Penggunakan kopi sebagai scrub yang mengandalkan butiran – butiran kecil pada bubuk kopi jika tidak dilakukan secara benar justru akan melukai permukaan kulit. Mengacu pada permasalahan tersebut, sebaiknya pemanfaatan kopi sebagai bahan perawatan juga harus memerhatikan cara pemakaian yang ada.
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Manfaat kopi bagi kesehatan kulit dan wajah
Ditulis oleh jepara kopi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kopi-jepara.blogspot.com/2016/02/manfaat-kopi-bagi-kesehatan-kulit-dan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Another Test Footer

Sms gratis

Supported by Kopi jepara

Test Footer

Home | Copyright of KOPI JEPARA.
Terimakasih atas kunjungan anda... Semoga artikel di blog ini bisa memberi manfa'at kepada anda.! ×